top

Al-Ghazali; Rambu-rambu Berteologi

Rp 39.000

Rp 35.000


Al-Ghazali; Rambu-rambu Berteologi

Penulis: Al-Ghazali
Penerbit: Pustaka Sufi, 2003
Tebal: xvi + 128 hlm
Kondisi: Stok Lama

orderPEMESANAN
Hubungi Kami di Contact
antarPENGIRIMAN
Barang Dikirim ke Rumah Anda

Dalam rangka misi kerasulan, hal pertama yang ditekankan Nabi Muhammad saw. adalah tawhid. Yaitu, mengakui dan meyakini bahwa Allah swt. sebagai Tuhannya dan Muhammad saw. sebagai utusan-Nya. Namun, dalam perjalanan berikutnya, munculnya banyak pemikiran telah mewarnai kajian ini, hingga melahirkan disiplin "Ilmu Kalam" dan memunculkan situasi yang satu sama lain saling mengklaim sebagai yang paling benar. Akibatnya, orang awam yang tidak mempunyai kapabilitas untuk menggelutinya secara lebih mendetail, menjadi gamang dan bingung.

Untuk itu, dalam kitab ini, Iljam al-Awam an Ilm al-Kalam (Rambu-rambu Berteologi), Imam Al-Ghazali memberikan sebuah tawaran solutif bagi kalangan awam, dengan menyatakan bahwa, "Kesejatian Madzhab Salaf adalah yang benar. Dan karena itu, setiap orang awam yang telah sampai ke tangannya sebuah hadis yang berasal dari sabda Nabi Muhammad saw., maka wajib memegang teguh tujuh hal: at-taqdis (menyucikan), at-tasdiq (membenarkan), i'tiraf bi al-ajz (mengakui kelemahan), as-sukut (diam), al-imsak (menahan diri), al-kaff (mengekang diri), dan at-taslim (patuh) kepada para pakar (li ahl al-ma'rifah)."

Dengan karya ini, untuk kesekian kali, Hujjatul Islam kembali menunjukkan kepiawaiannya dalam meramu wawasan keislamannya sebagai seorang teolog, sosiolog, politikus, dan sekaligus argumentator Islam dalam mengeksplanasi berbagai persoalan sosio-keagamaan.

Description
Reviews
SAME DAY SHIPPING
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright ©.
Lapak Buku (Labu) - Toko Buku Online Allright reserved.
Support by Achmad Rifai Proudly by Blogger