top

Demikianlah Kaum Sufi Berbicara

Rp 62.000

Rp 55.000


Demikianlah Kaum Sufi Berbicara

Judul: Demikianlah Kaum Sufi Berbicara: Citra Puisi Mimpi Ucapan Anekdot dalam Tasawuf
Penulis: Sara Sviri
Penerbit: Pustaka Hidayah, 2002
Tebal: 284 halaman
Kondisi: Stok Lama

orderPEMESANAN
Hubungi Kami di Contact
antarPENGIRIMAN
Barang Dikirim ke Rumah Anda

Sara Sviri, Ph.D. belajar Bahasa Arab dan Kajian-kajian Islam di Hebrew University of Jerusalem, Israel, la kemudian mengajar di Jurusan Bahasa Arab di universitas yang sama. Dalam berbagai publikasi telaahnya, ia memusatkan kajian pada pembentukan dan berbagai karakteristik aliran-aliran mistis kurun awal dalam Islam, dengan perhatian khusus pada gerakan Malamatiyyah dari Nisyapur dan psikologi mistis al-Hakim at-Tirmidzi. Kini, Sara mengajar di University College London dan juga di Oxford, Inggris.

Jalan sufi dari dulu maupun sekarang merupakan ukiran rute-rute tersembunyi di dalam hati manusia yang pada saat-saat tertentu menyadari tentang sesuatu yang tak mampu mereka definisikan secara jelas. ....dan penjelajahan di jalan itu memiliki banyak wajah, sangat unik, dan juga berlainan bagi setiap orang yang mengalaminya.

Oleh karena itu, cara yang tepat untuk menggambarkan jalan sufi adalah dengan membiarkan mereka, kaum sufi, berbicara tentang dirinya sendiri, yang merupakan potret dari sebuah sistem hidup, sebagaimana yang mereka ketahui dan alami.

Buku ini menguraikan dan memaparkan tasawuf sebagai sebuah mistisisme yang hidup. Seperti layaknya manusia, mistisisme memiliki banyak aspek dan wajah. Dari sudut pandang ini, Dr. Sara Sviri, sang penulis buku ini, menyuguhkan pandangan personal dan penuturan akrab tentang tasawuf dengan membiarkan kaum sufi berbicara tentang diri mereka sendiri dalam citra puisi, dalam mimpi, dalam ucapan, dan dalam anekdot. Di dalamnya, terhimpun hikmah, keberanian metafisik, dan gelora lirik para syaikh sufi besar dari masa lalu maupun masa sekarang. Selain itu, buku ini juga mengkaji secara khusus seorang sufi abad ke-9 M, al-Hakim at-Tirmidzi. Kutipan-kutipan dari karya at-Tirmidzi, termasuk mimpi-mimpi istrinya yang mengandung pengajaran mistis, disajikan untuk pertama kalinya dalam buku ini.

"Yang menjadikan buku ini unik di antara buku-buku yang sekarang ada tentang tasawuf adalah gaya Sara Sviri menggabungkan pengetahuan akademisnya yang tangguh dalam bidang tasawuf dan pengalaman pribadinya yang mendalam dijalan sufi, sehingga paparan buku ini terasa fasih, gamblang, mudah dimengerti, dan menyentuh hati. —Alireza Nurbakhsh, editor majalah Sufi.

"Sara Sviri menggali tradisi sufi, khususnya ajaran-ajaran tarekat Naqsyabandiyyah ... Segenap wawasan dan renungan informalnya, yang berpijak pada ajaran-ajaran yang dituturkan Irina Tweedie, menjadi contoh menarik dalam menerapkan psikologi sufi pada situasi kontemporer."

—Carl W. Ernst, Profesor Studi-studi Islam di University of North Carolina

Description
Reviews
SAME DAY SHIPPING
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright ©.
Lapak Buku (Labu) - Toko Buku Online Allright reserved.
Support by Achmad Rifai Proudly by Blogger