top

Fikr dan Zikr dalam Sufisme Persia Awal

Rp 35.000

Rp 30.000


Fikr dan Zikr dalam Sufisme Persia Awal

Penulis: Muhammad Isa Waley
Penerbit: Pustaka Sufi, 2003
Kondisi: Stok Lama Segel

orderPEMESANAN
Hubungi Kami di Contact
antarPENGIRIMAN
Barang Dikirim ke Rumah Anda

Dalam Al-Quran, utamanya Surat 3: 190-191, jelas ditekankan pentingnya zikr dan fikr bagi setiap Muslim. Keduanya merupakan refleksi dari apresiasi Muslim atas keagungan Allah yang menjadi rahmat bagi semesta dan seluruh isinya. Senada dengan itu, tidak sedikit hadis Rasul saw. yang menganjurkan amalan ini, salah satunya, sabda beliau suatu kali, “Bertafakur sesaat lebih utama disbanding ibadah (sunnah) satu tahun”; beliau juga pernah bersabda bahwa majelis zikir adalah taman-taman surga. Sampai di sini, maka tidak benar jika dikatakan bahwa sebagian tradisi Sufi yang sebagaimana diketahui, didominasi oleh amalan kontemplasi (zikr dan fikr) merupakan adopsi dari tradisi-tradisi di luar Islam.

Tetapi, bagaimana pun, zikr dan fikr dalam konteks Sufisme memiliki konsep dan pola yang khusus. Para Sufi, semenjak lama, telah mengenalkan konsep dan pola zikr dan fikr yang khas dan mencerminkan genre tersendiri. Bagi kaum Sufi, kontemplasi (zikr dan fikr) adalah sarana paling utama bagi laku muqarabah (mendekatkan diri pada Allah) dan untuk menggapai keintiman dengannya (uns).

Risalah ilmiah kecil ini akan membeberkan hal-ikhwal konsep, pola, dan aspek-aspek zikr dan fikr yang diakui dan berkembang di kalangan penganut Jalan sufi.

Description
Reviews
SAME DAY SHIPPING
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright ©.
Lapak Buku (Labu) - Toko Buku Online Allright reserved.
Support by Achmad Rifai Proudly by Blogger