top

Kalilah wa Dimnah (Fabel-Fabel Kearifan)

Rp 92.000

Rp 85.000


Kalilah wa Dimnah (Fabel-Fabel Kearifan)

Judul: Kalilah wa Dimnah (Fabel-Fabel Kearifan)
Penulis: Ibn Al-Muqaffa'
Penerbit: Pustaka Sufi, 2003
Tebal: 298 hlm
Kondisi: Stok Lama

orderPEMESANAN
Hubungi Kami di Contact
antarPENGIRIMAN
Barang Dikirim ke Rumah Anda

Ini salah satu karya sastra paling otoritatif yang membahas tema futuwwah dan prinsip-prinsipnya, diterjemahkan dari karya salah seorang filsuf agung India di masa lalu, Baydaba (Bidpai).

Bila manusia bercermin dan berguru pada sesama manusia, itu hal biasa. Namun, bila manusia mengambil ajaran dan didikan dari non-manusia, hewan misalnya, itu baru luar biasa. Kondisi demikian setidaknya tidak terlepas dari dua kemungkinan: pertama, sudah tidak ada manusia yang bisa memberikan teladan dan didikan yang baik bagi sesamanya; kedua, sudah bebalnya bangsa manusia dari ajaran dan didikan bangsa sendiri.

Demikian pula yang menjadi latar belakang dari pengkreasiaan karya pusitis Kalilah wa Dimnah oleh Baydaba, seorang filsuf agung Indaia, pada zaman kekuasaan Seljuk (512-544 H). Karya ini yang kemudian disadur al-Barzawi ke dalam bahasa Persia, dan diterjemahkan ke dalam bahsa Arab oleh Ibn Muqaffa' yang mengusung nilai etis-moral (futuwwah, sebuah tema yang khas dalam dunia Mistik Islam) dan religiositas melalui model fabel.

Inilah fabel kearifan paling populer yang pernah ditulis; dalam pelbagai dialog yang muncul, para tokoh acapkali mengutip kata-kata hikmah tokoh-tokoh riil dari masa ke masa yang populer di dunia filsafat dan mistik Islam.

Description
Reviews
SAME DAY SHIPPING
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright ©.
Lapak Buku (Labu) - Toko Buku Online Allright reserved.
Support by Achmad Rifai Proudly by Blogger