top

Menyingkap Hati Menghampiri Ilahi

Rp 81.000

Rp 70.000


Menyingkap Hati Menghampiri Ilahi

Judul: Menyingkap Hati, Menghampiri Ilahi; Ziarah Ruhani Bersama Imam Al-Ghazali
Penulis: Imam al-Ghazali
Penerbit: Pustaka Hidayah, 1999
Tebal 354 hlm (hard cover)
Kondisi: Stok Lama

orderPEMESANAN
Hubungi Kami di Contact
antarPENGIRIMAN
Barang Dikirim ke Rumah Anda

Dalam kondisi "kemarau" dalam hati, "ziarah ruhani" dalam rangka "menghampiri Ilahi" dengan menempuh jalan eksoteris maupun esoteris agama menjadi signifikan. Sebab, hanya dengan kedekatan kepada Ilahi sajalah seluruh problem yang dihadapi akan bisa diselesaikan dengan pertolongan-Nya. Untuk tujuan itulah buku ini hadir. Dengan keluasan ilmunya yang mumpuni, Imam al-Ghazali kali ini mengajak kita untuk melakukan "ziarah ruhani" yang dimaksud. Istilah "ziarah ruhani" tidaklah dimaksudkan untuk menafikan aspek eksoteris agama, tetapi semata-mata agar apa yang kita lakukan berupa ekspresi lahiriah dari rutinitas keagamaan kita benar-benar produktif, bernilai, dan tidak kering, sehingga diharapkan mampu mengantarkan diri kita menghampiri Allah, Sang Pencipta.

Buku "Menyingkap Hati Menghampiri Ilahi" yang merupakan terjemah dari kitab Imam al-Ghazali ini,sarat dengan paparan ihwal bagaimana seharusnya setiap individu Muslim mempraktikkan amalan-amalan lahiriah maupun batiniah. Penulisnya mengajak setiap pembaca untuk secara serius menjelajah setiap persoalan-mulai hal yang "sederhana" seperti tobat yang benar, shalat yang khusyuk, zikir yang efektif, dan sebagainya hingga persoalan yang rumit seputar mengendalikan hawa nafsu, menjemput kematian dan alama kubur, serta perjalanan ke alam akhirat. Persoalan sosial politik seperti amar makruf nahi mungkar dan jihad juga tak luput dari bidikan al-Ghazali.

Buku ini sarat dengan paparan ihwal bagaimana seharusnya setiap individu Muslim mempraktikan amalan-amalan lahiriah maupun batiniah. Penulisnya, Al Imam Ghazali mengajak setiap pembaca untuk secara serius menjelajah setiap persoalan – mulai hal yang “sederhana” seperti tobat yang benar, shalat yang khusyuk, zikir yang efektif, dan sebagainya hingga persoalan yang rumit seputar mengendalikan hawa nafsu, menjemput kematian dan alam kubur, serta perjalanan ke alam akhirat. Persoalan-persoalan sosial- seperti amar-makruf nahi-munkar dan jihad juga tak luput dari bidikan al-Ghazali.

Dengan pembahasan yang cerdas, kreatif, dan sarat dengan muatan sufistik, buku ini sangat menyentuh kalbu dan menggugah kesadaran kemanusiaan yang paling dalam bagi pembacanya.

Di tengah badai ketidakpastian dan guncangan kehidupan di dunia ini, kembali kepada hal yang paling primordial atau fitrah adalah penting bagi seorang Muslim. Di sini, religiositas dan juga spiritualitas seolah menemukan kembali momentumnya. Hanya saja, sikap keberagamaan yang selama ini dibungkus oleh ritus-ritus ibadah yang kering tanpa 'ruh' menjadi tak ada artinya. Yang ada hanyalah ritualisme kosong yang bisa menjebak pelakunya dalam simbolisme semata. Sebaliknya, spiritualisme murni dengan mengesampingkan aspek syariat yang lebih luas juga hanya akan menjadi wujud lain dari eskapisme di tengah ketidakberdayaan menghadapi realitas. Dalam kondisi seperti ini, "ziarah ruhani" dalam rangka "menghampiri Ilahi" dengan menempuh jalan eksoteris maupun esoteris agama menjadi sangat signifikan. Sebab, hanya dengan kedekatan kepada ilahi sajalah seluruh problem yang dihadapi akan bisa diselesaikan dengan pertolongan-Nya. Untuk tujuan itulah buku ini hadir.

Dengan keluasan ilmunya yang mumpuni, Imam al-Ghazali kali ini mengajak kita untuk melakukan 'ziarah ruhani' yang dimaksud. Istilah 'ziarah ruhani' tidaklah dimaksudkan untuk menafikan aspek eksoteris agama, tetapi semata-mata agar apa yang kita lakukan berupa ekspresi lahiriah dari rutinitas keagamaan kita benar-benar produktif, bernilai, dan tidak kering, sehingga diharapkan mampu mengantarkan diri kita menghampiri Allah, Sang Pencipta.

Description
Reviews
SAME DAY SHIPPING
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright ©.
Lapak Buku (Labu) - Toko Buku Online Allright reserved.
Support by Achmad Rifai Proudly by Blogger