top

Tolak-Ukur Peradaban Islam

Rp 69.000

Rp 60.000


Tolak-Ukur Peradaban Islam

Judul: Tolak-Ukur Peradaban Islam: Arkeologi Sejarah Madinah dalam Wacana Trans-Global
Penulis: Akram Diya’ al-Umari
Penerbit: IRCiSoD, 2003
Tebal: 320 halaman
Kondisi: Stok Lama Segel

orderPEMESANAN
Hubungi Kami di Contact
antarPENGIRIMAN
Barang Dikirim ke Rumah Anda

“Era Madinah adalah suatu era di mana nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, pluralism, egalitarianism, humanism, civil society dan demokrasi betul-betul diejawantahkan dalam suatu formasi sosial-politik yang berada di bawah naungan ajaran Islam…. Suatu pengalaman sejarah Islam yang akan selalu relevan dan aktual untuk direfleksikan dalam kehidupan umat Islam manapun dan kapanpun….”
----Mahmoud Muhammad Thoha

“Islam lebih dari sekedar sebuah agama. Ia juga menjabarkan hokum dan politik. Ringkasnya, Islam adalah satu sistem kebudayaan yang paripurna, meliputi agama dan Negara sekaligus… dan semua itu terlihat dengan sangat menakjubkan pada era Madinah….”
---Joseph Schatt

Menakar masa depan dengan ukuran masa lalu memang terkesan romantic, utopik dan sekaligus penuh pertaruhan. Kendati konon sejarah Madinah merupakan “tolak-ukur peradaban Islam” yang sangat ideal, keemasan, sehingga sangat patut dijadikan teladan, namun bukan berarti Madinah adalah segala-galanya. Bagaimana pun, Madinah adalah masa lalu, arketip historis, dan rekonstruksi historis terhadapnya niscaya memerlukan “analisis arkeologis-kritis”. Cara kritik ini dibutuhkan sebagai “kesadaran historis” bahwa masa kini memiliki eskalasi sosio-kulturalnya sendiri, yang pasti berbeda jauh dengan eskalasi sosio-kultural Madinah.

Demikian makna kesadaran sejarah yang mesti ditanamkan ke jantung peradaban Islam kontemporer. Patronase Madinah sebagai “tolak-ukur” bisa diterima sebagai kewajaran sepanjang dibingkai dalam analisis kritis. Madinah memang tidak boleh dibuang agar kita tidak mengalami diskontinuitas sejarah. Toh, jika mengikuti Nietzsce atau Arkoun, ternyata segala sesuatu memang beranjak dari angan-angan, romantisme dan bahkan utopia-utopia. Inilah signifikansi arkeologi kritis buku ini dalam memaknai sejarah peradaban Islam dalam wacana trans-global.

Description
Reviews
SAME DAY SHIPPING
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright ©.
Lapak Buku (Labu) - Toko Buku Online Allright reserved.
Support by Achmad Rifai Proudly by Blogger