top

Menyingkap Tabir Rahasia Spiritual Syekh Abdul Muhyi

Rp 78.000

Rp 72.000


Menyingkap Tabir Rahasia Spiritual Syekh Abdul Muhyi

Judul: Menyingkap Tabir Rahasia Spiritual Syekh Abdul Muhyi (Menapaki Jejak Para Tokoh Sufi Nusantara Abad XVII & XVIII)
Penulis: M. Wildan Yahya
Penerbit: Refika Aditama, 2007
Tebal: xiv + 223 hlm
Kondisi: Stok Lama Bersegel

orderPEMESANAN
Hubungi Kami di Contact
antarPENGIRIMAN
Barang Dikirim ke Rumah Anda

Syekh Abdul Muhyi adalah seorang ulama yang menyambungkan mata rantai ajaran tarekat Syatariyyah di pulau Jawa, melanjutkan paham gurunya, Syekh Abdul Rauf al-Sinkil. Selain itu, seperti diungkapkan A.H. Johns bahwa orang yang paling besar perannya dalam menyebarkan ajaran "martabat tujuh" di pulau Jawa adalah Syekh Abdul Muhyi. Ajaran tersebut adalah ajaran sufistik tentang tajalli Allah pada alam semesta yang sangat populer di Indonesia pada abad XVII.

Abad XVI - XVIII adalah abad kejayaan intelektual sufisne di Nusantara. Ada banyak tokoh yang muncul seperti Hamzah Fansuri, Syamsuddin al-Sumatrani, A. Nafis al-Banjari, hingga Syekh Abdul Muhyi, dan membentuk sebuah jaringan intelektual bagi khazanah kajian Islam di negeri ini. Meskipun ironisnya, hanya sedikit dari generasi sekarang yang mengenal apalagi memahami pelbagai ajaran para ulama tersebut. Boleh dibilang bahwa andil mereka atas pembentukan dan penyebaran khazanah kajian ke-Islaman di nusantara hampir terlupakan. Hal ini ditambah pula dengan minimnya kajian-kajian dan literatur yang berusaha menapaki perihal tersebut.

Untuk itulah, rasanya buku ini perlu hadir. sebab ia membahas satu tokoh, seorang ulama besar yang menyebarkan Islam dan kajian tasawuf di Jawa Barat, yakni Syekh Abdul Muhyi. Konsep "Martabat Tujuh" yang diajarkannya bahkan berpengaruh besar pada khazanah sufistik Islam Jawa secara umum, seperti serat Centini, Serat Tuhfah, Wirid Hidaya Jati dan lainnya.

Description
Reviews
SAME DAY SHIPPING
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright ©.
Lapak Buku (Labu) - Toko Buku Online Allright reserved.
Support by Achmad Rifai Proudly by Blogger