top

Sendi-sendi Hermeneutika: Membumikan Tafsir Revolusioner

Rp 46.000

Rp 40.000


Sendi-sendi Hermeneutika: Membumikan Tafsir Revolusioner

Judul: Sendi-sendi Hermeneutika: Membumikan Tafsir Revolusioner
Penulis: Dr. Hasan Hanafi
Penerbit: Titian Ilahi Press, 2001
Tebal: 86 halaman
Kondisi: Stok Lama

orderPEMESANAN
Hubungi Kami di Contact
antarPENGIRIMAN
Barang Dikirim ke Rumah Anda

Dari berbagai macam metode tafsir, salah satunya adalah metode Hermeneutika yang pengertian sederhananya adalah suatu disiplin ilmu (filsafat) yang memusatkan bidang kajiannya pada persoalan “understanding of understanding (pemahaman-pemahaman): terhadap teks, terutama teks Kitab Suci, yang datang dari kurun waktu, tempat, serta situasi sosial yang asing bagi para pembacanya.

Buku ini membahas secara gambling sendi-sendi hermeneutika sebagai salah satu langkah untuk memahami teks-teks Kitab Suci Al’Qur’an.

Kitab suci al-Qur’an, Taurat, Injil, dan kedua Kitab Perjanjian Lama dan Baru merupakan bentuk dokumentasi wahyu Tuhan tertulis yang senantiasa memberikan petunjuk, ajaran moral, serta memberikan bimbingan kepada manusia. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa wahyu Tuhan tersebut -dalam perjalanannya- mengalami adanya perubahan dan pergantian, serta deformasi ajaran dan alienasi praktek. Perubahan dan pergantian tersebut, diasumsikan Hassan Hanafi, telah dicampuri (intervented) oleh pihak lain semisal dari para nabi, maupun dari naratornya. Konsekuensi dari hasil pemahaman yang diperoleh kitab suci –oleh karenanya- menjadi sia-sia. Menafsirkan kitab suci -selanjutnya- akan menjadi tidak mungkin terjadi bila tidak ada kepastian mengenai keaslian redaksi kitab suci. Oleh sebab itu, Hassan Hanafi dengan menggunakan berbagai langkah teori hermeneutikanya, berupaya mengungkap kepalsuan dan ketidak aslian yang terjadi, untuk menentukan keotentikan wahyu Tuhan tersebut.

Description
Reviews
SAME DAY SHIPPING
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright ©.
Lapak Buku (Labu) - Toko Buku Online Allright reserved.
Support by Achmad Rifai Proudly by Blogger