top

Al-Hikam Ali ibn Abi Thalib

Rp 59.000

Rp 53.000


Al-Hikam Ali ibn Abi Thalib

Judul: Al-Hikam Ali ibn Abi Thalib
Penulis: Ali ibn Abi Thalib
Penerbit: Serambi, 2015
Tebal: 178 hlm (Hard Cover)
Kondisi: Baru (segel)

orderPEMESANAN
Hubungi Kami di Contact
antarPENGIRIMAN
Barang Dikirim ke Rumah Anda

Sub Judul: "Butir-Butir Hikmah Terpilih Sang Khalifah tentang Ketuhanan, Kemanusiaan, dan Kehidupan"

Sebagaimana tubuh, hati juga bisa lelah;
carikanlah untuknya hikmah-hikmah nan indah

* * *

Khalifah Terakhir Ali ibn Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu dijuluki sayyid al-bulagha’ wa al-mutakallimin atau kira-kira berarti penghulu orang-orang yang indah dan fasih dalam bertutur kata. Kata-kata Sahabat Ali adalah kombinasi antara kelihaian berbahasa dan ketepatan makna. Sebab itulah tuturan-tuturannya abadi, menjadi sumbangan berharga bagi khazanah kebudayaan Islam.

Buku ini menyuguhkan hikmah-hikmah indah dari Sang Khalifah. Memuat ajakan untuk mendewasakan sikap kita kepada Tuhan, seruan untuk senantiasa peduli pada urusan kemanusiaan, dan pesan agar kita selalu tepat dan selamat dalam menjalani kehidupan. Mengena, menggugah, dan kadang menggelitik.

Ibarat sekantong mutiara, karya ini begitu berharga. Kita akan terpesona oleh kilauan setiap butir mutiara di dalamnya dan takkan bosan untuk menikmati keindahannya.

-------

Senyatanya orang-orang Islam tidak butuh belajar sastra pada orang-orang barat semisal Kahlil Gibran, sebagai sastrawan terkenal dengan sajak dan puisi-puisinya yang terkumpul dalam beberapa buku. Seperti, salah satunya, Sayap-Sayap yang Patah. Karena Islam dengan mutiaranya bernama Al-Qur’an telah memiliki kandungan sastra yang sangat tinggi. Dan hal ini diakui oleh semua orang yang pernah membacanya. Al-Qur’an jugalah yang menjadi inspirator bagi karya-karya umat muslim seperti sahabat Ali Ibn Abi Thalib.

Khalifah terakhir yang dijuluki al-balagha’ wa al-mutakallimin yang artinya penghulu orang-orang yang indah dan fasih dalam bertuturkata. Kata-katanya tertulis secara sistematis dalam sebuah kitab berjudul Nahj Al-Balaghah, yang disusun oleh Al-Syarif Al-Radhi yang kemudian dilengkapi oleh kitab Syarh Nahj Al-Balaghah.

Dari hal ini, penulis pikir, sahabat Ali Ibn Abi Thalib sebanding dengan ahli-ahli sastra non muslim seperti Kahlil Gibran. Di dunia sekarang, kata-kata beliau barangkali sejenis dengan kata dari motivator Pak Mario Teguh. Sarat makna dan begitu bijak.

-------

Peresensi: Zaitur Rahem (Dosen Institut ilmu Keislaman Annuqayah [Instika], Guluk-guluk Sumenep)

Al-Hikam Ali Ibn Abi Thalib ini sebenarnya adalah kumpulan perkataan bernilai Sayyidina Ali. Perkataan Ali Ibn Ali Abi di didalam buku setebal 178 halaman ini adalah usaha dari penyunting mengoleksi sejumlah perkataan Ali r.a. Dalm khazanah Islamiyah (tradisi keilmuan umat Islam), Ali Ibn Abi Thalib termasuk sahabat nabi Muhammad Saw yang fasih dan halus dalam merangkai kata bijak. Untaian kata-kata Ali bin Abi Thalib dipandang sejumlah sahabat sangat kuat. Makna dan untaian balaghahnya (tata bahasa) bagus. Untaian kata dengan energi tata bahasa yang maksimal ini dianggap sangat istimewa. Apalagi, setelah dilakukan analisa, makna substantif dari perkataan Ali Ibn Abi Thalib seiring dengan konteks di lapangan.

Sesuai dengan temanya, Al-Hikam Ali Ibn Abi Thalib ini adalah sejumlah kalimat bertuah berbahasa arab. Karya ini menjadi sangat istimewa karena dari 178 halaman, untaian kata-kata berhikmah tertulis dalam satu halaman penuh. Penyunting melepas kata berbahasa arab dengan terjemahan sekedarnya saja. Tidak ada analisa yang sifatnya naratif terhadap teks maqal (perkataan) Ali Ibn Abi Thalib r.a. Sehingga, Pembaca bisa leluasa untuk menafsirkan perkataan Ali dalam al-Hikam ini sesuai dengan konteks yang dihadapi. Yang pasti, dari sekian butir kata hikmah Ali adalah nasehat penyejuk jiwa. Pembaca bisa melacak butir kata sesuai dengan konteks yang dibutuhkan. Misalnya untuk hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Di dalam karya Al-Hikam ini ditulis perkataan Ali Ibn Abi Thalib bahwa ilmu memiliki tempat lebih tinggi dari materi (harta benda). Sebab, ilmu bisa mengarahkan pemiliknya menjadi manusia berwibawa. Al-Alim Yarifu al-Jahilu Liannah Jhiln Wa Al-Jhilu La Yarifu al-Alim Liannah Lam Yakun liman ( Orang pandai (berilmu) mengenali orang bodoh karena ia pernah menjadi orang bodoh. Orang bodoh tidak akan mengenali orang pandai karena dia tidak pernah merasa pandai) (hlm. 125-130).

Al-Hikam Ali Ibn Abi Thalib ini memang agak berbeda dengan kitab Al-Hikam Ibnu Athaillah. Selama ini, kitab Al-Hikam Ibnu Athaillah lebih banyak dipelajari di berbagai majelis-majelis (forum). Bahkan, karya Ibnu Athaillah sudah banyak dikupas dengan berbagai sudut pandang oleh para ahlinya. Meski demikian, Al-Hikam Ali Ibn Abi Thalib ini tak kalah bergengsinya dengan Al-Hikam karya Ibn Athaillah. Sebab, kata-kata pilihan Ali Ibn Athaillah adalah untaian bahasa yang memikat. Baik dari sisi kata dan maknanya. Sayangnya, tidak adanya analisa dari sejumlah ulama dari setiap kata hikmah Ali terkesan dangkal. Membiarkan Pembaca menafsir sendiri maqal sah-sah saja. Akan tetapi, membiarkan penafsiran yang keliru bisa menjadikan kata hikmah Sayyidina Ali Ibn Abi Thalib ini akan jauh dari makna substansialnya. Ucapan orang bijak, jika benar menjadi obat. Jika salah, menjadi penyakit (hlm. 153).

Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, karya ini patut diapresiasi. Setidaknya, kehadiran karya ini akan mendekatkan kaum muslimn dengan sahabat khulafaur ar-rsyidn (Pemimpin terbaik pilihan). Ali Ibn Abi Thalib adalah sosok sahabat sekaligus keluarga nabi Muhammad Saw yang berjasa dalam mendakwahkan ajaran agama Islam. Martin Lings (1909-2005 M) menyebut Ali Ibn Abi Thalib sbagai tokoh penyelamat Nabi saat orang Quraisy hendak membunuh Muhammad Saw. (2002:89) Pada momentum bulan suci ramadlan ini, Al-Hikam Ali Ibn Abi Thalib sangat tepat untuk menjadi bahan kajian. Setidaknya menjadi pisau kritis atas perilaku selama menjalani proses interaksi sosial. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Description
Reviews
SAME DAY SHIPPING
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright ©.
Lapak Buku (Labu) - Toko Buku Online Allright reserved.
Support by Achmad Rifai Proudly by Blogger