top

Kesetaraan Gender dalam Al-Qur-an (Studi Pemikiran Para Mufasir)

Rp 63.000

Rp 58.000


Kesetaraan Gender dalam Al-Qur-an (Studi Pemikiran Para Mufasir)

Judul: Kesetaraan Gender dalam Al-Qur-an (Studi Pemikiran Para Mufasir)
Penulis: Yunahar Ilyas
Penerbit: Labad Press
Kondisi: Stok Lama (segel)

orderPEMESANAN
Hubungi Kami di Contact
antarPENGIRIMAN
Barang Dikirim ke Rumah Anda

Buku ini meneliti pemikiran para mufasir tentang perempuan dengan menggunakan perspektif kesetaraan gender. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan penjelasan yang rasional terhadap beberapa ayat yang terkesan diskriminatif terhadap perempuan, yaitu tentang kesetaraan dalam penciptaan, kesetaraan dalam hak kenabian, kesetaraan dalam perkawinan (perwalian, perceraian, poligami, perkawinan beda agama dan kepemimpinan dalam keluarga), kesetaraaan dalam kewarisan, dan kesetaraan dalam peran politik).

Intisari rasionalitas semua doktrin Al-Qur'an tentang kesetaraan gender terletak pada pengertian tentang kesetaraan. Apabila kesetraaan diartikan bahwa segala sesuatu harus sama, maka tentu saja dalam beberapa ayat yang ditafsirkan terlihat sikap diskriminatif terhadap perempuan. Tetapi apabila kesetaraan diartikan secara proporsional, maka perbedaan status, hukum, hak, dan kewajiban antara laki-laki dan perempuan tidak dapat dinilai sebagai diskriminatif terhadap perempuan, karena perbedaan-perbedaan itu sebagai disebabkan oleh fitrah masing-masing dan yang lain bersifat teknis fungsional.

Dengan pemahaman tentang kesetaraan yang proporsional itulah, penafsiran yang jernih dapat dilakukan, yaitu penafsiran yang tidak diskriminatif, tidak bias, baik bias patriarkhis maupun bias matriarkhis, dan tidak pula misoginis terhadap perempuan. Di samping jernih, diperlukan juga penafsiran yang seimbang antara teks dan konteks, baik kontkes saat ayat tersebut diturunkan, maupun konteks ayat-ayat itu ditafsirkan.

Description
Reviews
SAME DAY SHIPPING
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright ©.
Lapak Buku (Labu) - Toko Buku Online Allright reserved.
Support by Achmad Rifai Proudly by Blogger