top

Manunggaling Kawula-Gusti

Rp 90.000

Rp 85.000


Manunggaling Kawula-Gusti

Judul :Manunggaling Kawula-Gusti
Penulis : K. H. Muhammad S
Penerbit : Narasi
Tebal : 448 hlm
Kondisi : Stok Lama

orderPEMESANAN
Hubungi Kami di Contact
antarPENGIRIMAN
Barang Dikirim ke Rumah Anda

Segala sesuatu yang tergelar di alam semesta adalah milik Allah. Pengalaman hidup serta pengalaman spiritual yang sudah dilalui oleh Syek Siti Jenar makin membuatnya sadar bahwa segala sesuatu tanpa kecuali adalah milik-Nya. Maka ditinggalkan segala sesuatu yang pernah dianggap sebagai miliknya di dunia ini.

Keseluruhan pikiran dan perasaan dihadapkan hanya kepada Allah. Kemanunggalan merupakan puncak dari proses penyerdahanaan, dalam hal ini jiwa secara bertahap diisolasi dari hal-hal asing dengan dirinya sendiri, kecuali terhadap Allah. Kemanunggalan di sini tentu mencakup fana’ dan baqa’, yakni kelenyapan yang diikuti oleh keabadian atau kesinambungan dengan yang nyata. Di antara keduanyalah terdapat dunia yang disebut Syekh Siti Jenar sebagai alam kematian. Mereka meninggal untuk dapat hidup dalam dan bersama Tuhan.

Akhir dan ujung perjalanan itulah tercapainya manunggaling kawula Gusti yang dapat diumpamakan sebagai cermin dengan yang bercermin. Bayangan dalam cermin adalah kawula, dan cermin itu adalah ibarat Tuhan.

Buku ini memuat filsafat kemanunggalan milik Syekh Siti Jenar, dimana ungkapannya “Aku adalah Allah” telah mendatangkan kontroversi karena dinilai sebagai pernyataan penuhanan terhadap diri. Apa dan bagaimana sesungguhnya konsep kemanunggalan makrokosmos dan mikrokosmos menurut Syek Siti Jenar diurai dalam buku ini.

Pada berbagai kesempatan, penulis diberi kesempatan untuk menggali secara mendalam tentang berbagai aspek ajaran Syekh Siti Jenar, yang bermuara pada Rasulullah Muhammad saw. Wajar jika mereka menolak untuk disebut sebagai pengikut alirah Syekh Siti Jenar, yang terpisah dari ajaran Nabi Muhammad.

Di antara ajaran yang sempat penulis dalami adalah tentang konsep sangkan paraning dumadi (inna lillahi wa inna ilaihi raji'un), ajaran tauhid, eksistensi manusia dalam relasinya dengan eksistensi Allah, dan tentu juga ajaran serta praktik mati sak jerroning urip.

Pada kesempatan buku, penulis hadirkan buku “Filsafat Islam-Jawa Syekh Siti Jenar” dari hasil rangkaian penelitian penulis, yang merupakan buku ketiga dari trilogi Syekh Siti Jenar. Buku pertama adalah “Sufisme Syekh Siti Jenar” sebagaimana sudah disebut di atas, dan buku kedua adalah “Ajaran Makrifat Kemanunggalan Syekh Siti Jenar”.

Memang dalam buku ini, penulis tentu saaja belum sempat mencantumkan berbagai “oleh-oleh” dari perjalanan tersebut, karena memang sejak penulis berangkat, naskah buku ini sudah selesai penulis kerjakan. Insya Allah pada karya hasil penelitian berrikutnya, penulis akan memaparkan berbagai seluk-beluk pedalaman ajaran tersebut.

Akan tetapi, insya Allah hal-hal yang mendasar, yang berkait dengan konsepsi filosofis dan metafisis sudah terekam dalam buku ini.

Description
Reviews
SAME DAY SHIPPING
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright ©.
Lapak Buku (Labu) - Toko Buku Online Allright reserved.
Support by Achmad Rifai Proudly by Blogger