top

Islam dan Iman: Aturan-aturan Pokok Rekonstruksi Epistemologis Rukun Islam dan Rukun Iman

Rp 74.000

Rp 70.000


Islam dan Iman: Aturan-aturan Pokok Rekonstruksi   Epistemologis Rukun Islam dan Rukun Iman

Judul: Islam dan Iman: Aturan-aturan Pokok Rekonstruksi
Epistemologis Rukun Islam dan Rukun Iman
Penulis: Muhammad Syahrur
Penerbit: IRCiSoD, 2015
Tebal: 420 halaman
Kondisi: Bersegel

orderPEMESANAN
Hubungi Kami di Contact
antarPENGIRIMAN
Barang Dikirim ke Rumah Anda

Sesat dan menyesatkan! itulah komentar Wahbah Zuhaili saat ditanya pendapatnya tentang Muhammad Syahrur, ketika pakar Ushul al-Fiqh kenamaan Timur Tengah itu berkunjung ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta beberapa waktu lalu. Alasan yang dikemukakan Wahbah, waktu itu, sangat rasional dan argumentatif. Bagaimana mungkin, seorang yang berlatar belakang teknik sipil punya kapasitas yang memadai untuk menafsirkan al-Quran, katanya.

Bagi Syahrur, pendapat yang mengatakan bahwa Islam berawal dan berakhir pada Muhammad adalah salah-kaprah! Yang benar, Islam bermula dari Nuh dan berakhir pada Muhammad.

Muslim yang mengatakan bahwa keselamatan eskatologis hanya bagi pengikut Muhammad, kata Syahrur, sama halnya dengan orang-orang Yahudi dan Nasrani yang mengklaim bahwa selain mereka tidak akan masuk surga. Secara sangat fundamental, dalam karya ini, Syahrur menggugat konsep Islam dan Iman yang selama ini sudah established dalam pemahaman kita. Sesuatu yang sekian hari ini kita pahami sebagai Rukun Iman dan Rukun Islam, bagi Syahrur, adalah kekeliruan mahabesar!

Lewat metode hsitoris ilmiah dan pendekatan linguistik-filosofis-humanistik, Syahrur merekonstruksi secara radikal konsep Islam dan Iman. Dampak kontroversialnya, salah satunya, adalah pemahaman ulang atas beberapa unsur dasar akidah dan hukum Islam. Tak ayal, pemikiran Syahrur menjadi isu yang sangat penting dalam diskusi dan kajian Ushuluddin dan Syariah di berbagai belahan dunia Islam.

Dalam konteks Indonesia, dengan isu peperangan Islam Liberal versus Islam Literal sedang begitu memanas akhir-akhir ini, karya Syahrur yang satu ini tentu menjadi rujukan yang bukan saja penting, tetapi wajib!

Muhammad Syahrur adalah seorang cendikiawan Muslim asal Damaskus, Syiria. Ia merupakan pemikir yang sangat spesial. Jika kebanyakan pemikir Muslim berlatar belakang keilmuan agama, konsentrasi keilmuan Syahrur justru teknis sipil. Tak heran jika banyak yang mengecam atas kajian-kajian keislamannya yang kontroversial. Selain Arab, Syahrur sangat menguasai bahasa Rusia dan Inggris. Dan, semenjak muda, ia sangat tertarik pada filsafat dan fiqh al-lughah. Karya keislaman Syahrur yang sangat brilian adalah Al-Kitab wa al-Quran; Qiraah Muashshirah serta Dirasat Islamiyyah Muashshirah fi ad-Dawlah wa al-Mujtama.

Muhammad Syahrur adalah seorang pemikir Muslim kontemporer yang merasa tergugah dan memiliki tanggung jawab secara moral untuk melakukan penyegaran kembali pemikiran Islam yang terkesan stagnan dan tidak menunjukkan kearah kemajuan. Bahkan lebih jauh, Syahrur dengan mantap menyatakan bahwa tokoh sehebat apapun Nabi Muhammad Saw, namun ia tetap merupakan produk zaman yang melingkupinya. Dan manusia secerdas apapun dia tetap saja membawa relativitas ruang dan waktu dimana dia berada.

Syahrur mengamati bahwa kebanyakan kaum muslimin telah terpedaya oleh berbagai produk pemikiran dari tradisi keilmuan klasik tanpa memperhatikan berbagai penemuan keilmuan kontemporer. Mereka menganggap berbagai tradisi keilmuan klasik yang dipenuhi doktrin sebagai suatu kebenaran yang “serta merta turun dari langit” dan menjelma menjadi kebenaran yang absolute, padahal semua itu hanyalah bersifat tentative dan cenderung bersifat terbalik (al-ma’kusah).

Diantara hal yang dipandang sangat penting oleh Syahrur untuk dilakukan sebagai proyek yang diagendakannya adalah upaya pendefinisian kembali konsep Islam dan Iman dengan merujuk langsung kepada al-Tanzil (al-Qur’an) selaku sumber utama ajaran Islam itu sendiri. Syahrur mengajak umat Islam untuk mengkaji kembali ayat-ayat al-Qur’an yang membahas tentang Islam dan Iman sebagai langkah awal untuk menemukan pemahaman yang benar, valid, dan komprehensif tentang keduanya.

Description
Reviews
SAME DAY SHIPPING
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright ©.
Lapak Buku (Labu) - Toko Buku Online Allright reserved.
Support by Achmad Rifai Proudly by Blogger