top

Tragedi Setan; Iblis dalam Psikologi Sufi

Rp 75.000

Rp 67.000


Tragedi Setan; Iblis dalam Psikologi Sufi

Judul: Tragedi Setan: Iblis dalam Psikologi Sufi
Penulis: Peter J.Awn
Penerbit: Optimus, 2007
Tebal: 318 halaman
Kondisi: Stok Lama

orderPEMESANAN
Hubungi Kami di Contact
antarPENGIRIMAN
Barang Dikirim ke Rumah Anda

Iblis yang penuh semangat dan beraneka segi, sebagaimana yang diperlihatkan oleh buku Peter J. Awn, akan terus menggoda atau setidak-tidaknya mengganggu manusia sehingga sebagaimana Iqbal kemukakan (setelah Goethe) akan membentuk prinsip gelisah dalam hidup manusia yang tanpa itu perkembangan spiritual yang sebenarnya tidaklah akan terjadi. Iblis mampu membuat manusia menyadari beberapa tingkat pengalaman yang lebih dalam dan pada saat yang sama memberi suatu pandangan baru ke dalam masalah internal dari teologi dan juga sejarah agama. Yaitu bagaiman menjelaskan peranan setan dan bagaiman menanggulanginya.

Pencitraan yang dilakukan para mistikus muslim atas sosok iblis seperti yang diretas Awn dalam buku ini memang suatu yang menarik. Sebab meski sejarah keberangkatannya sama, ternyata memunculkan dua pencitraan yang tidak saja berbeda, tetapi saling bertolak belakang.

Buku yang mulanya berupa tesis doktoral di Universitas Harvard pada 1978 ini dengan apik telah membongkar dua pencitraan itu. Sebagai peneliti, Awn menghindar dari keterlibatan dalam dua pencitraan yang saling kontradiktif itu. Ia hanya hendak menjelaskan logika berpikir yang digunakan para mistikus dalam pencitraannya atas sosok Iblis tersebut dan sekaligus ingin menunjukkan bahwa iblis di mata mistikus ternyata tidak hanya diidentikkan dengan klaim pembangkangan, tetapi juga diklaim sebagai sang monoteistik sejati.

Jadi, siapa sebenarnya Iblis ini? Saya yakin, selama ini kita mengenal sosok Iblis ini dari kutipan kitab suci dan petuah bijak para nabi. Selain tentu saja informasi ini diperbarui dengan aneka film dan cerita tentang para Iblis ini. Kutipan, omongan, cerita fiksi pun non fiksi inilah yang membentuk alam kesadaran kita tentang siapa sebenarnya Iblis. Sulit juga mem-visual-kan Iblis ini dalam tiga dimensi. Apakah dia bertampang seram, berkulit merah, berambut api, atau yang lain?

Seorang Islam formal ortodoks, akan memberikan definisi bahwa secara umum bahwa Iblis memang dilekatkan dengan klaim citra tentang laku pembangkangan seorang makhluk pada kehendak dan titah Tuhan, serta penggoda iman manusia, pembius hati manusia menuju jalan kesesatan. Dan kalau ditanya lebih jauh tentang sosok Iblis pasti akan mengutip sebuah ayat: "Sesungguhnya Iblis itu adalah musuh yang nyata bagimu". Dari beberapa klaim ini, sebenarnya belum ada titik terang yang menerangkan siapa gerangan sosok Iblis ini.

Description
Reviews
SAME DAY SHIPPING
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright ©.
Lapak Buku (Labu) - Toko Buku Online Allright reserved.
Support by Achmad Rifai Proudly by Blogger